Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
Peran Guru Dalam Melaksanakan Bimbingan Konseling di Lembaga PAUD
Sinta Krisnawati, Nurfadilah Nurfadilah

Last modified: 2018-09-29

Abstract


Bimbingan dan konseling sebenarnya memiliki konsep yang sama,
keduanya merupakan upaya bantuan dan tuntunan. Hanya saja
perbedaannya terdapat pada segi tingkatannya. penelitian ini bertujuan
untuk melihat peran guru dalam memberikan layanan bimbingan dan
konseling di lembaga PAUD. Metodologi penelitian ini menggunakan studi
kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini juga dilakukan di 3 Taman Kanak-kanak di daerah
Tangerang Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAUD
hanya melaksanakan bimbingan dalam proses pembelajaran, yaitu a)
Guru memahami aspek pribadi anak, b) guru menciptakan hubungan yang
akrab dengan anak, c) guru menciptakan komunikasi yang terbuka.
Adapun kendala yang dihadapi oleh guru dalam melakukan bimbingan
konseling yaitu kurangnya kemampuan guru dalam menggali
permasalahan perkembangan anak, keterbatasan kompetensi guru dalam
melakukan konseling, dan kurangnya kemampuan guru untuk
meningkatkan keterlibatan orang tua/wali murid dalam mengatasi
permasalahan anak.

Keywords


Peran Guru, Bimbingan Konseling

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI