Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PROSES BEPIKIR SISWA DENGAN GAYA BERPIKIR REFLEKTIF IMPULSIF DALAM PEMECAHAN MASALAH TRIGONOMETRI
Siti Chairrunnisah, Samijo Samijo, Ika Santia

Last modified: 2018-09-29

Abstract


Proses belajar dalam pembelajaran masih didominasi oleh peran guru.
Proses belajar dibutuhkan suatu proses berpikir untuk membentuk representasi
mental meliputi pertimbangan, pengabstrakan, penalaran, penggambaran,
pemecahan masalah, pembentukan konsep, kreativitas dan kecerdasan. Materi
dengan proses berpikir dalam pemecahan masalah yang cukup sulit yaitu
trigonometri sehingga, aspek yang perlu diperhatikan adalah gaya berpikir
dengan reflektif impulsif. Sujek penelitian siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1
Purwoasri. Subjek penelitian terdiri dari 2 gaya berpikir relfektif dan 2 gaya
berpikir impulsif yang dipilih melalui tes MFFT. Kemudian diberi TPM dan
wawancara. Hasil penelitian yaitu dengan gaya berpikir reflektif memahami
masalah dengan membaca soal dan menggunakan waktu yang cukup lama,
merencanakan yang diketahui serta ditanyakan dengan permisalan dan
membuat konsep penyelesaian, menjelasakan penyelesaiaan terperinci,
menggunakan logika untuk menyelesaikannya, melakukan pengecekkan kembali
dengan menggunakan waktu yang cukup lama, menarik kesimpulan dengan
menjelaskan tujuan dalam soal. sedangkan dengan gaya berpikir impulsif
memahami masalah dengan membaca soal, memahami apa yang diketahui dan
ditanyakan dengan cepat, merencanakan yang diketahui dan ditanyakan untuk
konsep penyelesaian dengan cepat, menyatakan pernyataan dengan kurang
teliti, menyelesaikan masalah dengan cepat sehingga terdapat kekeliruan dalam
penyelesaian, tidak melakukan pengecekkan kembali karena merasa yakin,
menarik kesimpulan namun kurang mampu untuk menjelaskan hasil
kesimpulannya.

Keywords


Proses Berpikir, Gaya Berpikir, Reflektif Impulsif, Pemecahan Masalah, Trigonometri

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI