Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGGUNAAN MEDIA PONARI MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SAINS SEDERHANA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Siti Mutmainah, Anik Lestariningrum

Last modified: 2018-09-29

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana
kemampuan anak dalam bidang kognitif khususnya konsep sains
sederhana dengan menggunaan media PONARI. Penggunaan
media ini karena ditemukan data hasil penelitian yang menunjukan
kegiatab anak saat memecahkan masalah, berpikir logis tentang
pencampuran warna masih rendah. Desain penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan
Taggart dirancang 3 siklus. Subyek penelitian sejumlah 19 anak
usia 5-6 tahun di RA Ash-Shohibiyah. Teknik penilaian
menggunakan unjuk kerja anak dan lembar observasi pada
pembelajarannya. Analisis data deskriptif kualitatif untuk
menentukan ketuntasan minimal hasil pencapaian kemampuan
kognitif sains. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil
penelitian dari siklus I 36%, siklus II 58% dan siklus III 79%. Data
tersebut menunjukan keefektifan penggunaan media dalam
meningkatkan kemampuan kognitif anak terutama sains sederhana.
Hasil penelitian dapat diimplementasikan kepada seluruh pendidik
penekanan pembelajaran langsung pada anak dengan bermain
serta menyenangkan akan lebih bermakna bagi anak.

Keywords


kognitif, sains, media ponari, anak usia 5-6 tahun

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI