Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
EFEKTIVITAS MOTIVATIONAL CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN SELF DIRECTEDED LEARNING MAHASISWA
Sri Panca Setyawati

Last modified: 2018-09-29

Abstract


Kemandirian belajar (self directed learning) merupakan keterampilan yang penting
bagi mahasiswa. Namun faktanya banyak mahasiswa yang memiliki kemandirian
belajar rendah, bahkan masih dipersepsikan sebagai mahasiswa pasif dan terbiasa
dengan lingkungan teacher-centered learning, sehingga mengakibatkan rendahnya
kualitas pendidikan di Indonesia. Untuk itu mahasiswa perlu dilatih agar memiliki self
directed learning yang baik. Salah satu cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan
self directed learning mahasiswa adalah motivation climate. Penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan motivation climate untuk meningkatkan
self directed learning. Desain penelitian menggunakan eksperimen dengan kelompok
kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa prodi BK
yang berjumlah 70 mahasiswa. Data self directed learning dikumpulkan dengan
menggunakan The Self Rating Scale of Self Directed Learning (SRSSDL) Hasil
penelitian menunjukkan bahwa motivation climate efektif untuk meningkatkan self
directed learning mahasiswa.

Keywords


mandiri, teacher-centered learning, self directed learning, motivation climate

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI