Font Size:
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIPA 5 SMA NEGERI 5 KEDIRI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS LESSON STUDY
Last modified: 2018-09-29
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir
kritis siswa melalui strategi pembelajaran Group Investigation
berbasis Lesson Study. Penelitian ini menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas yang dilakukan secara Lesson Study dan dirancang
sebanyak 3 siklus pada semester genap tahun ajaran 2017/2018
dengan melibatkan 1 guru model dan 8 observer. Subjek penelitian
adalah siswa kelas X MIPA 5 (n=35 siswa). Data kemampuan
berpikir kritis diperoleh dari jawaban soal esai yang dinilai
menggunakan rubrik kemampuan berpikir kritis dengan skor (0-5).
Nilai kemampuan berpikir kritis siswa tersebut dianalisis
menggunakan analisis deskriptif dengan membandingkan antara
siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan terjadi
peningkatan kemampuan berpikir kritis siklus I, II, III secara
berurutan yaitu 48,39%, 73,23%, 79,84%. Penerapan Group
Investigation berbasis Lesson Study tidak hanya dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa namun guru juga
dapat merencanakan dan menyiapkan pembelajaran secara optimal
karena banyak masukan yang muncul dari observer sehingga dapat
mengevaluasi proses pembelajaran yang dilakukan. Oleh karena
itu, Lesson Study dapat membantu dan memudahkan guru saat
proses pembelajaran.
kritis siswa melalui strategi pembelajaran Group Investigation
berbasis Lesson Study. Penelitian ini menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas yang dilakukan secara Lesson Study dan dirancang
sebanyak 3 siklus pada semester genap tahun ajaran 2017/2018
dengan melibatkan 1 guru model dan 8 observer. Subjek penelitian
adalah siswa kelas X MIPA 5 (n=35 siswa). Data kemampuan
berpikir kritis diperoleh dari jawaban soal esai yang dinilai
menggunakan rubrik kemampuan berpikir kritis dengan skor (0-5).
Nilai kemampuan berpikir kritis siswa tersebut dianalisis
menggunakan analisis deskriptif dengan membandingkan antara
siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan terjadi
peningkatan kemampuan berpikir kritis siklus I, II, III secara
berurutan yaitu 48,39%, 73,23%, 79,84%. Penerapan Group
Investigation berbasis Lesson Study tidak hanya dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa namun guru juga
dapat merencanakan dan menyiapkan pembelajaran secara optimal
karena banyak masukan yang muncul dari observer sehingga dapat
mengevaluasi proses pembelajaran yang dilakukan. Oleh karena
itu, Lesson Study dapat membantu dan memudahkan guru saat
proses pembelajaran.
Keywords
Berpikir kritis, group investigation, lesson study, biologi
Full Text:
PDF