Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MIDDLE LEANER PADA KELAS INKLUSI DENGAN MATERI HIMPUNAN
Vivi Kusuma Ningrum, Elga Mutiharaning Jawi, Feny Rita Fiantika

Last modified: 2018-09-29

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa
kelas inklusi dengan kemampuan middle leaner pada materi himpunan. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VII
inklusi SMP YBPK Kediri, 15 siswa dengan kondisi 10 siswa dengan kemampuan
normal dan 5 siswa berkebutuhan khusus. Kemudian dipilih subjek middle
berdasarkan tes matematika umum dan pertimbangan dari guru mata pelajaran. Dari
hasil terpilih 2 siswa dengan berkemampuan matematika middle leaner. Kedua
subjek tersebut diberi tes kemampuan koneksi matematis dengan indikator 1)
Mampu menterjemahkan isi soal ke bentuk model matematika 2) Mengilustrasikan
masalah sesuai bahasanya sendiri dalam verbal dan gambar 3) Mampu menuliskan
konsep matematika yang mendasari jawaban. Hasil analisis data menujukkan
bahwa siswa dengan kemampuan middle leaner hanya memenuhi satu dari
indikator, karena siswa masih kesulitan dalam mengilustrasikan dan menuliskan
konsep yang mendasari jawaban serta cenderung lebih mudah menyelesaikan
permasalahan yang ada dalam soal ke dalam gambar.

Keywords


Kemampuan koneksi matematis, kelas inklusi

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI