Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PELAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL MELALUI METODE ACTIVE LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Yanti Purwanti, Atrup Atrup

Last modified: 2018-09-30

Abstract


Hasil pengamatan sementara terhadap proses pemberian layanan pribadi-sosial di
SMK tidak dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kajian artikel ini, berusaha
untuk mendeskripsikan implementasi metode active learning untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa. Metode active learning menitik beratkan pada upaya
mengoptimalisasi semua potensi siswa. Pemberian layanan bimbingan pribadi-
sosial melalui metode active learning adalah bimbingan atau pemberian bantuan
pada individu dan memfasilitasi siswa dalam mengarahkan pemantapan kepribadian
serta mengembangkan kemampuan dalam mengatasi masalah-masalah pribadi dan
sosial siswa dengan cara menuntut siswa untuk aktif selama proses pemberian
layanan. Melalui proses layanan ini, diharapkan motivasi belajar siswa dapat lebih
baik, yang pada akhirnya berpengaruh pada meningkatnya prestasi belajar.

Keywords


layanan, bimbingan, pribadi-sosial, active learning, motivasi belajar

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI