Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS GAMES EDUKATIF “CAMERLANG” KELAS XI IPA
Yanuarius Felix Bhato, Dwi Candra Setiawan

Last modified: 2018-09-30

Abstract


Realitas pelaksanaan pembelajaran di SMAN Welamosa dalam proses
pembelajaran sudah berlangsung dengan baik namun ada beberapa masalah
yang muncul diantaranya sumber belajar yang terbatas. Banyak guru yang
masih belum mampu mengembangkan sumber belajar yang sesuai dengan
kerakter siswa. Kebanyakan sumber belajar yang digunakan masih bersifat
konvensional dan kurang menarik sehingga siswa malas untuk membaca
buku tersebut. Hal ini membuat siswa kurang termotivasi dalam proses
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara membuat
handout biologi berbasis games edukatif (Camerlang). Metode penelitian
yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dan
menggunakan model 4D (Four D Model) yang meliputi 4 tahap yaitu tahap
Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pada penelitian ini dibatasi 3
tahap saja yaitu tahap Define, Design, and Develop. Subjek penelitian ini
diambil dari ketiga sekolah yaitu SMAN Welamosa sebanyak 20 orang,
SMAN 6 Kota Komba sebanyak 20 orang, dan SMAI Al Ma’arif Sebanyak 20
orang. Data yang diperoleh dalam peneilitian yaitu hasil penilaian dari ahli
materi dan bahasa, ahli media, ketiga praktisi (guru biologi), dan tanggapan
dari siswa baik dan layak. Dapat disimpulkan bahwa handout berbasis games
edukatif “camerlang” dikatakan baik dan layak digunakan sebagai sumber
belajar untuk siswa SMA pada mata pelajaran biologi.

Keywords


Handout, Sumber Belajar, Games Edukatif, Model 4-D

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI