Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEGIATAN SEHARI-HARI SISWA KELAS II SDN SUKORAME 3 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Yogga Dwi Syahputro, Alfi Laila, Heru Budiono

Last modified: 2018-09-30

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi di tempat penelitian bahwa masih banyak
siswa yang mengalami kesulitan pada pembelajaran bahasa Indonesia dan nilai siswa 35% >
KKM dan 65% < KKM. Selain itu, hasil pengamatan peneliti bahwa aktivitas pembelajaran
kurang inovatif yang meyebabkan peserta didik kurang dapat memahami materi pelajaran yang
diajarkan guru. Aktivitas belajar yang tidak maksimal menyebabkan rendahnya hasil belajar
Tujuan pada penelitian ini adalah (1) Mengetahaui kemampuan menceritakan kegiatan
sehari-hari tanpa media visual siswa kelas II SDN Sukorame 3 Tahun Pelajaran 2017/2018. (2)
Mengetahui kemampuan menceritakan kegiatan sehari-hari dengan media visual siswa kelas II
SDN Sukorame 3 Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Mengetahui pengaruh penggunaan media
visual terhadap kemampuan menceritakan kegiatan sehari-hari siswa kelas II SDN Sukorame 3
Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian
Quasi Exsperimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design.
Subjek penelitian siswa kelas II SDN Sukorame 3. Metode pengumpulan data dalam penelitian
ini adalah metode tes, dengan menggunakan soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji-t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut (1) Kemampuan menceritakan kegiatan sehari-hari tanpa media visual dapat
disimpulkan bahwa pada siswa kelas II SDN Sukorame 3 Tahun Pelajaran 2017/2018
dinyatakan ada peningkatan tetapi belum maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata
79,75 > KKM yaitu 75. (2) Kemampuan menceritakan kegiatan sehari-hari dengan media visual
dapat disimpulkan bahwa pada siswa kelas II SDN Sukorame 3 Tahun Pelajaran 2017/2018
dinyatakan tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata 89,25 > KKM yaitu 75. (3)
Terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan media visual terhadap kemampuan
menceritakan kegiatan sehari-hari siswa kelas II SDN Sukorame 3 Tahun Pelajaran 2017/2018,
hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data yang telah ditunjukkan dalam uji-t didapat t hitung
(5,616) > t tabel 5% (1,686) dengan df 38, sehingga Ha diterima maka diperoleh kesimpulan ada
pengaruh yang signifikan dengan penggunaan media visual terhadap kemampuan
menceritakan kegiatan sehari-hari siswa kelas II SDN Sukorame 3 Tahun Pelajaran 2017/2018.

Keywords


Media, Media visual, kemampuan bercerita, cerita sehari-hari

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI