Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
STRATEGI SELF MANAGEMENT (SOLUSI BAGI SISWA UNTUK MENGURANGI KECANDUAN MEDIA SOSIAL)
Youanda Kurnia Rahman, Ikke Yuliani Dhian Puspitarini

Last modified: 2018-09-30

Abstract


Teknologi diera globalisasi yang sedang berkembang saat ini mempermudah setiap
pekerjaan manusia, salah satunya dalam hal berkomunikasi. Smartphone merukapan alat
komunikasi yang umum digunakan untuk mempermudah proses komunikasi. Aplikasi dalam
smartphone sebagai media sosial yang sering digunakan antara lain facebook, instagram,
line dan whatsapp. Namun, pada kenyataanya teknologi yang ada saat ini justru membuat
siswa menjadi kecanduan media sosial. Kecanduan media sosial adalah keadaan dimana
hubungan seseorang dengan media sosial sangat melekat dan biasanya mengacu pada
perilaku kompulsif yang mengarah efek negatif. Akibat kecanduan tersebut menyebabkan
siswa tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya sehingga menjadi pribadi individualisme
dan tidak dapat mengatur waktu dalam kegiatan sehari-hari, serta tidak dapat mengontrol
kegiatannya. Oleh karena itu, perlu adanya bantuan untuk membantu siswa dalam
mereduksi kecanduan media sosial, salah satunya dengan strategi self management.
Strategi self management merupakan suatu proses dimana konseli mengarahkan
perubahan tingkah laku mereka sendiri melalui tiga teknik yaitu self minotoring, stimulus
control dan self reward. Solusi yang diharapkan mampu membantu siswa dapat memonitor,
memberikan kontrol, dan memberikan reward pada dirinya, sehingga mampu merubah
perilakunya untuk menjadi lebih baik sebagai wujud persiapan diri menjadi generasi emas
yang inspiratif. Namun dalam penulisan artikel ini terbatas pada rasionalisasi mengenai
penggunaan strategi self management untuk mengurangi kecanduan media sosial.

Keywords


strategi self management, kecanduan media sosial

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI