Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG MEDIA MINIATUR EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA EKOSISTEM SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM PEMBELAJARAN SATU PADA SISWA KELAS V SDN MOJOROTO IV KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018
Yuly Meriliana, Endang Sri Mujiwati

Last modified: 2018-10-01

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD siswa kelas V SDN Mojoroto IV pada materi tema ekosistem subtema komponen ekosistem pembelajaran satu dalam proses pembelajarannya cenderung monoton dan didominasi peran guru. Akibatnya siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, diperlukan penerapan model group investigation didukung media miniatur ekosistem untuk pembelajaran tema ekosistem subtema komponen ekosistem pembelajaran satu dengan harapan hasil belajar siswa menjadi tinggi. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar tema ekosistem subtema komponen ekosistem pembelajaran satu sebelum menerapkan model group investigation didukung media miniatur ekosistem pada siswa kelas V SDN Mojoroto IV Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana hasil belajar tema ekosistem subtema komponen ekosistem pembelajaran satu setelah menerapkan model group investigation didukung media miniatur ekosistem pada siswa kelas V SDN Mojoroto IV Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018? (3) Adakah pengaruh model group investigation didukung media miniatur ekosistem terhadap hasil belajar tema ekosistem subtema komponen ekosistem pembelajaran satu pada siswa kelas V SDN Mojoroto IV Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018?. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Mojoroto IV sejumlah 32. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan jenis penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian berupa tes dengan bentuk instrumen soal subjektif sejumlah 10 soal. Teknik analisis data statistik berupa teknik t test untuk mencari nilai rata-rata hasil belajar dan uji t untuk mencari pengaruh model group investigation didukung media miniatur ekosistem terhadap hasil belajar tema ekosistem subtema komponen ekosistem pembelajaran satu. Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar tema ekosistem subtema komponen ekosistem pembelajaran satu sebelum menggunakan model group investigation didukung media miniatur ekosistem siswa kelas V SDN Mojoroto IV Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 dinyatakan rendah. (2) Hasil belajar tema ekosistem subtema komponen ekosistem pembelajaran satu setelah menggunakan model group investigation didukung media miniatur ekosistem siswa kelas V SDN Mojoroto IV Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 dinyatakan tinggi. (3) Ada pengaruh model group investigation didukung media miniatur ekosistem terhadap hasil belajar tema ekosistem subtema komponen ekosistem pembelajaran satu pada siswa kelas V SDN Mojoroto IV Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibutikkan dengan thitung>ttabel yaitu, 1.659 >¬-14.509 dan Sig.(2 tailed) yaitu 0,000 < 0,05 sehingga HO ditolak dan Ha diterima

Keywords


Group Investigation, miniatur ekosistem, hasil belajar

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI