Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
ANCANGAN STUDI KASUS KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI GANGGUAN BICARA GAGAP PADA KELAS XI SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2018/ 2019
Yussy Arga Zakiyan, Khususiyah Khususiyah

Last modified: 2018-10-01

Abstract


Rancangan penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya salah satu siswi
yang memiliki gangguan bicara gagap yang dapat bersekolah di sekolah
yang umum serta dapat melangsungkan pendidikannya tanpa ada
hambatan. Kepercayaan diri peserta didik yang memiliki gangguan bicara
gagap ini sangat menarik untuk diteliti. Ancangan penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek
dalam penelitian ini adalah 1 peserta didik. Setting penelitian ini dilakukan
di SMAN 1 Ngadiluwih pada semester genap tahun pelajaran 2018/ 2019.
Perencanaan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik
triangulasi sumber data. Ancangan teknik analisis data yang digunakan
adalah interactive model, yaitu dengan langkah reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan ancangan dari hasil
penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan bahwa subjek memiliki
kepercayaan diri yang cukup baik. Dan faktor yang dominan
mempengaruhi kepercayaan diri subjek dapat diketahui peneliti guna
melengkapi data hasil daripada penelitian ini. Saran-saran terhadap
penelitian ini terhadap subjek utama. Sehingga sangat disarankan subjek
dapat meningkatkan kepercayaan dirinya. Diharapkan pula untuk Guru BK
dalam rangka upaya membentuk karakter peserta didik. Selanjutnya
diharapkan pula dapat dipakai bahan pertimbangan dalam pelaksanaan
rekapitulasi penelitian selanjutnya, guna meningkatkan kualitas data yang
diperoleh agar hasil penelitian dapat mendekati obyektif kebenarannya.

Keywords


kepercayaan diri, gangguan bicara gagap

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI