Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA KELAS X MIPA 5 SMA NEGERI 5 KEDIRI PADA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS LESSON STUDY (LS)
Asep Satria Kurniawan, Rinda Wahyutiani, Titis Mulyaningtiyas, Sri Hidayati Rachmat, Budhi Utami, Agus Muji Santoso

Last modified: 2018-10-01

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan metakognisi dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis Lesson Study (LS). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kediri, pada siswa sejumlah 35 kelas X MIPA 5, semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dengan tahapan-tahapan berupa perencanaan (plan), pelaksanaan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Data keterampilan metakognisi diperoleh dari jawaban soal esai yang dinilai menggunakan rubrik keterampilan metakognisi yang terintegrasi dengan tes esai. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan metakognisi dari yang semula pada siklus I presentase nilai rata-rata keterampilan metakognisi 37,14%, meningkat pada siklus II menjadi 51,84% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 57,67%. Penerapan Group Investigation (GI) berbasis Lesson Study (LS) tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan metakognisi siswa, namun juga membangun kerjasama antar guru. Hal ini terjadi karena antar guru saling berkolaborasi dalam merencanakan suatu pembelajaran untuk mencapai hasil yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Selain itu, guru pengajar saling belajar dalam mengamati aktivitas siswa yang berkaitan dengan metakognisi selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

Keywords


Group Investigation, lesson study, keterampilan metakognisi, biologi

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI