Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBANTUAN EDMODO
Nuril Hidayati, Ardian Anjar Pangestuti, Trio Ageng Prayitno

Last modified: 2018-10-01

Abstract


Saat ini seiring dengan perkembangan teknologi mendukung kemudahan pembelajaran terutama pada jenjang perkuliahan. Mahasiswa dan dosen dapat dengan mudah mengakses pengetahuan dari berbagai macam literatur. Namun menjadi permasalahan tersendiri ketika dalam pembelajaran seringkali terlihat adanya penyalahgunaan kemajuan teknologi itu sendiri. Sebagian besar mahasiswa menggunakan handphone untuk bermain media sosial pada saat kegiatan diskusi yang menyebabkan kurang fokusnya mahasiswa dalam mengikuti kegiatan perkuliahan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melibatkan media sosial sebagai salah satu media pembelajaran sehingga akan membuat mahasiswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan memudahkan dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep mahasiswa melalui pembelajaran dengan mengguakan bahan ajar berbantuan edmodo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah 29 mahasiswa yang mengikuti perkuliahan biologi sel kelas 2016 B. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan pemahaman konsep mahasiswa terkait materi pada matakuliah biologi sel sebesar 35,29%.

Keywords


Pemahaman Konsep, bahan ajar, edmodo

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI