Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
HUBUNGAN PEMBERIAN HUKUMAN TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN PERUMNAS 3 KOTA TANGERANG
Revina Puteri Nugraha, Asih Rosnaningsih, Najib Hasan

Last modified: 2018-10-01

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberian
hukuman terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V di SDN
Perumnas 3 Kota Tangerang. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan kuantitatif dengan metode Survei Analitis (analytical
survey), dengan jenis studi korelasi pada siswa SD kelas V. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 41 siswa
dan kelas VB yang berjumlah 39 siswa di SDN Perumnas 3 Kota
Tangerang. Pengumpulan data menggunakan nontes seperti
observasi, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini hasil data
diolah menggunakan SPSS 16.0 for windows, dengan menggunakan
uji Kolmogorov smirnove pada uji normalitas, Levene untuk uji
homogenitas, uji regresi linear sederhana, serta uji korelasi product
moment dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan
regresi linear sederhana Y= 35,671 + 0,555X. Pada pengujian
hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh pengaruh yang
signifikan antara variabel independen (X) Hukuman dan variabel
dependen (Y) Kedisiplinan, dengan hasil perhitungan uji t sebesar
5,329, lebih besar dibandingkan pada t tabel adalah 1,99 dengan taraf
signifikan 5% dan nilai koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar
26,7%, yang artinya terdapat hubungan pemberian hukuman terhadap
tingkat kedisiplinan belajar siswa di SDN Perumnas 3 Kota Tangerang.

Keywords


Pemberian hukuman, kedisiplinan belajar, analytical survey

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI