Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA KELAS XI SMKN 1 KOTA KEDIRI
A Dadang Baihaqi, Santy Andrianie

Last modified: 2018-07-31

Abstract


Pendidikan seharusnya bisa menjadikan individu menjadi pribadiyang lebih baik, berkarakter, serta mempunyai nilai luhur yangmenjadi pondasi untuk menjalani kehidupan. . Pada dasarnya,siswa adalah makluk sosial yang hidup berdampingan dalammasyarakat di sekitarnya. Empati adalah perasaan merasakan apayang orang lain alami. Empati tidak hanya sebatas memasuki danmerasakan apa yang dialami orang lain, tetapi juga membuatnyamelakukan sesuatu untuk menolong dan menunjukkankepeduliannya. Konsep empati berperan penting dalam memahamipola interpersonal individu terhadap lingkungan sosial.Tanpaempati, siswa tidak bisa menyelami pikiran dan perasaan orang laindan saling memahami, akibatnya siswa akan mendapatkan masalahsosial seperti, tidak mempunyai teman dan menjadi individu yangegois. Hal ini yang menjadi dasar empati harus dimiliki oleh semuasiswa. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan di SMKN 1Kota Kediri, dimana masih dijumpai siswa memiliki empati yangrendah. Hal ini ditunjukkan dengan adanya sikap acuh kepadateman yang memiliki permasalahan. Cinema therapy adalah suatumedia terapi yang memiliki pengaruh positif kepada penontonmelalui gaya dan isi yang menarik perhatian, menambah informasi,dan melambangkan berbagai pola perilaku pemeran, yang memilikikekuatan sehingga penonton mampu menginternalisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita. Melalui cinema therapy,diharapkan siswa dapat meningkatkan empatinya. Rencanapenelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif trueexperimental design. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui efektifitas cinema therapy untuk meningkatkan empatisiswa kelas XI SMKN 1 Kota Kediri.

Keywords


cinema therapy, empati, siswa SMK

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI