Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA PADA MATAKULIAH ANATOMI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI IKIP BUDI UTOMO
Achmad Affandi, Ira Andriani

Last modified: 2018-07-31

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Media lectorauntuk mata kuliah Anatomi mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan danRekreasi IKIP Budi Utomo Malang.Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis lectora inimenggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Dessiminate). Penelitian ini dimulai daritahap define dimana pada tahap ini dilakukan pengidentifikasian konsep-konsep materi yang harus dimuat dalam Media Lectora. Selanjutnya padatahap design dilakukan perancangan dan pembuatan Media Lectora.Setelah Media Lectora selesai dirancang dan dibuat, dilakukan tahapdevelop yaitu validasi produk oleh pakar dan uji coba produk dalam prosesperkuliahan. Berdasarkan hasil tahap develop ini, baru bisa dinyatakanproduk valid dan praktis serta bisa dilanjutkan ke tahap dessiminate(penyebarluasan).Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora padamatakuliah anatomi melalui model pengembangan 4 D. Berdasarkah hasilvalidasi ahli media, ahli materi, dan uji coba kelompok kecil yang telahdilaksanakan maka didapatkan kesimpulan bahwa media lactora layakdigunakan sebagai bahan ajar dengan nilai rata-rata kelayakan adalah87,12% termasuk dalam kriteria “Sangat Valid”. Berdasarkan hasiltersebut maka media lactora layak untuk digunakan dalam sekla yanglebih luas.

Keywords


media lectora matakuliah Anatomi 4 D

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI