Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH ANALISA VEKTOR
Addin Zuhrotul 'Aini, Sherly Mayfana Panglipur Yekti

Last modified: 2018-07-31

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis ketersediaan bahan ajar yangdigunakan pada mata kuliah Analisa Vektor di Prodi Matematika STKIP PGRINganjuk; (2) Mengetahui kebutuhan dosen akan bahan ajar; (3) Mengetahuikebutuhan mahasiswa akan bahan ajar. Jenis penelitian yang dilakukan adalahdeskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa STKIP PGRI Nganjukprogram studi pendidikan Matematika yang telah menempuh mata kuliah analisavector. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari peneliti sebagai instrument utama,angket dan wawancara. Validasi data yang digunakan adalah triangulasi teknik.Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa (1) proses pembelajarananalisa vector program studi pendidikan matematika STKIP PGRI Nganjuk masihmenggunakan ceramah dan diskusi (2) dosen membutuhkan suatu bahan ajarberupa modul untuk meningkatkan hasil belajar siswa (3) 73.3 % mahasiswamenyatakan bahwa matakuliah analisa vector termasuk matakuliah yang sukar dan91% mahasiswa mendukung pengembangan modul agar mahasiswa dapat belajarsecara mandiri dengan menggunakan modul.

Keywords


Analisis Kebutuhan, Modul, Analisa Vektor

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI