Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY PADA MATERI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018
Ahmad Rifai

Last modified: 2018-08-25

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari pengalaman peneliti, bahwa pembelajaranmatematika yang berlangsung di sekolah masih didominasi oleh aktivitas gurudengan penyampaian pembelajaran dengan metode ceramah. Akibatnya hasilbelajar siswa masih rendah. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui peningkatan hasil belajar terhadap pembelajaran Guide Inquiry padameteri bangun ruang sisi datar kelas VIII siswa SMP Negeri 3 Kediri tahun ajaran2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis datadari soal pretest dan posttest diolah menggunakan Uji Paired Sample t-test.Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil analisis data dari soal pretest danposttest mengalami peningkatan dengan taraf signifikan sebesar 0,000. Sehinggadapat disimpukan bahwa hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Guide Inquirypada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri mengalamipeningkatan. Berdasarkan hasil penelitian di atas diharapakan pembelajaran GuideInquiry dapat diterapkan pada pembelajaran matematika agar dapat meningkatkanhasil belajar siswa.

Keywords


Hasil Belajar, Guide Inquiry

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI