Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATAKULIAH PENDIDIKAN SAINS SD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA PGSD
Alik Mustafidal Laili

Last modified: 2018-08-25

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kelemahan pada sintak ProblemBased Leaerning yang mengakibatkan proses pembelajaran pada matakuliahPendidikan Sains SD kurang optimal. Hal ini juga berdampak pada penguasaankonsep mahamahasiswa yang rendah. Oleh karena itu, perlu adanyapengembangan model Problem Based Leaerning dengan cara membuat LKSberscaffold. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kelayakan modelProblem Based Leaerning berbasis procedural scaffolding. Penelitian inidilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap mengembangkan model ProblemBased Learning, tahap validasi dan revisi, dan tahap uji coba denganmenggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Teknikpengumpulan data dengan angket, validasi, pengamatan, dan tes. Teknikanalisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkanbahwa: (1) Kelayakan perangkat pembelajaran yaitu SAP, RPP, LKS berscaffold,dan tes penguasaan konsep masing-masing diperoleh hasil 4,89; 4,72; 4,79; dan4,51 dengan kriteria valid, (2) Respons mahasiswa terhadap LKS berscaffoldyaitu tampilan LKS dan isi LKS 82% menarik; penjelasan LKS 73% mudahdipahami; sedangkan gambar LKS 77% mudah dipahami. (3) Rata-rata skorpeningkatan tes pengusaan konsep sebesar 0,79 dengan kategori gain tinggi,dan (4) Respon positif mahasiswa terhadap pembelajaran Sains berbasisProcedural Scaffolding dengan model Problem Based Learning dengan nilai rata-rata 3,3. Kesimpulnnya model Problem Based Leaerning berbasis proceduralscaffolding layak untuk digunakan.

Keywords


Model Problem Based Learning, Pendidikan Sains SD, Penguasaan Konsep, Procedural Scaffolding

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI