Last modified: 2018-09-02
Abstract
Berdasarkan dari hasil observasi anak kelompok B TK Al Hidayah Nglegok 02 Tahun Ajaran 2017-2018 telah ditemukan masalah
tentang kemampuan motorik kasar anak yang masih rendah 57,14%. Anak kurang berminat dalam melakukan kegiatan pengembangan motorik kasar. Oleh karena itu, penulis menerapkan kegiatan Tari Tradisional Rampak. Diharapkan dengan menerapan kegiatan ini kemampuan motorik kasar anak dapat lebih berkembang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Al hidayah Nglegok 02 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2017 – 2018 yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 6 anak laki laki dan 8 anak perempuan. nstrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah, lembar penilaian unjuk kerja anak, dan lembar observasi kegiatan guru dalam pembalajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan presentase ketuntasan anak dari pra tindakan 35,71%, kemudian siklus I 50%, siklus II sebesar 71,43%, siklus III sebesar 85,71%, yakni melebihi ketuntasan minimal pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kegiatan Tari Tradisional Rampak anak dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B TK Al Hidayah Nglegok 02 Kabupaten Blitar Tahun ajaran 2017/2018.