Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGGUNAAN CERPEN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK PENINGKATAN MENULIS NASKAH DRAMA
Anita Kurnia Rachman, Susandi Susandi

Last modified: 2018-09-03

Abstract


Menulis merupakan bagian dari empat keterampilan berbahasa dan bersastra. Kegiatan ini melatih peserta didik untuk mengungkapkan ide dan gagasan kedalam tulisan. Selain belajar bahasa, belajar sastra berfungsi menghargai manusia dan nilai-nilainya serta menimbulkan penghargaan terhadap hasil cipta karya sastra. Dalam pembelajaran sastra, naskah drama merupakan genre sastra yang kurang diminati. Untuk meningkatkan minat drama, baik dalam memerankan, membaca, mengapresiasi, dan menulis naskah drama hendaknya ada sumber belajar yang menarik. Penggunakan cerpen sebagai sumber belajar dipilih karena cerpen memiliki unsur pembangun yang sama dengan naskah drama. Selain itu cerpen juga sudah dikenal oleh peserta didik. Penggunakan cerpen sebagai sumber belajar juga didukung dengan langkah-langkah pembelajaran yang baik. Langkah pembelajaran ini meliputi tiga hal, yaitu penanaman pengetahuan prasyarat (apersepsi, contoh unsur intrinsik, dan contoh naskah drama dari cerpen), perencanaan naskah (tema, tokoh, watak, alur, setting) pada kegiatan ini peserta didik diberi kartu perencanaan untuk membantu menyusun kerangka naskah drama, dan penulisan naskah drama berdasarkan perencanaan naskah. Langkah-langkah pembelajaran yang disusun secara sistematis dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan naskah drama dari cerpen.

Keywords


menulis, naskah drama, sumber belajar, cerpen

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI