Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DAN AUDIO- VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS V
Arlina Fauziah, Abdul Aziz Hunaifi, Karimatus Saidah

Last modified: 2018-09-03

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa di sekolah dasar
tersedia berbagai jenis media pembelajaran, namun saat kegiatan pembelajaran
berlangsung guru mengajar tanpa menggunakan media pembelajaran yang tersedia.
Ketepatan penggunaan media pembelajaran akan menarik perhatian dan menambah
semangat siswa untuk mengikuti pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui hasil belajar mengidentifikasi organ
peredaran darah manusia siswa kelas V dengan menggunakan media visual; (2) Untuk
mengetahui hasil belajar mengidentifikasi organ peredaran darah manusia siswa kelas V
dengan menggunakan media audio-visual; (3) mengetahui adakah perbedaan antara hasil
belajar mengidentifikasi organ peredaran darah manusia dengan media visual dan media
audio-visual siswa kelas V SDN Satu Atap I Suruh dan SDN II Ngrandu Kabupaten
Trenggalek tahun 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian komparatif atau perbandingan dengan bendtuk

design One-Group Pretest-Posttest Design serta menggunakan pendekatan kuantitatif, data-
data yang diperoleh yaitu data numerik. Dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN

Satu Atap I Suruh dan SDN II Ngrandu.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Media visual berpengaruh terhadap hasil belajar
mengidentifikasi organ peredaran darah manusia siswa kelas V SDNN Satu Atap I Suruh
Kabupaten Trenggalek tahun 2017/2018. Hal ini dibuktikan pada hasil uji t menunjukkan

bahwa thitung (15,019) > ttabel 5% (1,729) dengan df 19, sehingga H2 diterima. (2) Media audio-
visual berpengaruh terhadap hasil belajar mengidentifikasi organ peredaran darah manusia

siswa kelas V SDN II Ngrandu Kabupaten Trenggalek tahun 2017/2018. Hal ini dibuktikan
pada hasil uji t bahwa thitung (10,415) > ttabel 5% (1,725) dengan df 20, sehingga H2 diterima.
(3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mengidentifikasi organ
peredaran darah manusia dengan media visual dan media audio-visual siswa kelas V SDN
Satu Atap I Suruh dan SDN II Ngrandu Kabupaten Trenggalek tahun 2017/2018. Hal ini
dibuktikan dari hasil analisis data uji t didapat thitung (3,112) > ttabel 5% (1,685) dengan df 39,
sehingga H0 ditolak.

Keywords


Media visual dan media audio-visual, hasil belajar mengidentifikasi organ peredaran darah manusia.

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI