Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
ANALISIS PEMAHAMAN MEKANIKAL DAN FUNGSIONAL MELALUI PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) DENGAN BAJU DEMATIKA
Asri Febri Dwi Kusdiana, Aprilia Dwi Handayani, Feny Rita Fiantika

Last modified: 2018-09-03

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman
mekanikal dan fungsional melalui pembelajaran BBL dengan baju
dematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus.
Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MA Sunan Kalijaga dengan
mengambil subjek siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah
masing-masing sebanyak 1 siswa. Metode pengumpulan data yang
digunakan meliputi observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: pembelajaran BBL dengan
baju dematika terlaksana dengan baik, siswa yang berkemampuan
rendah sudah dapat memahami soal dan dapat menuliskan diketahui dan
ditanya dalam soal (pemahaman mekanikal) namun pada soal yang
berkaitan dengan konsep lain siswa belum dapat mengerjakan, karena
siswa masih terpaku pada satu cara. Sehingga siswa belum menguasai
indikator fungsional. Namun untuk siswa yang berkemampuan sedang
dan tinggi sudah mampu memahami soal dan dapat menuliskan diketahui
dan ditanya dalam soal dan sudah dapat mengerjakan permasalahan soal
yang berkaitan dengan konsep lain dilihat dari penyebutan caranya
dengan mengaitkan materi lain (pemahaman fungsional).

Keywords


Pemahaman mekanikal dan fungsional, pembelajaran BBL, Baju Dematika, Abstraksi

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI