Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PERBANDINGAN EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD, TGT, DAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PASSING ATAS DAN BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA SMAN I PUJUT LOMBOK TENGAH NUSA TENGGARA BARAT
Baiq Yudi Ratnasari

Last modified: 2018-09-03

Abstract


Latar Belakang Masalah adalah sekolah merupakan tempat pendidikan

formal yang menyelenggarakan proses pembelajaran untuk membibing, mendidik

dan mengarahkan lebih baik. Rumusan Masalah adalah dalam penelitian ini menunjukan 1. Apakah ada

perbandingan STAD terhadap hasil belajar passing atas dan bawah bolavoli. 2.

Apakah ada perbandingan TGT terhadap hasil belajar passing atas dan bawah

bolavoli. 3. Apakah ada perbandingan JINGSAW terhadap hasil belajar passing

atas dan bawah bolavoli. 4. Apakah ada perbandingan hasil belajar model

kooperatif tipe STAD,TGT dan JIGSAW Passing atas dan bawah bolavoli.

Desain Penelitian adalh pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian

eksperimen semu quasi experiment. Desain ini relatif mendekati sempurna,

mengingat ada kelompok pre-tes-post-tes untuk untuk memastikan efektivitas

perlakuan yang diberikan. Randomized Control Group Pretest-Posttest Design.

Hasil Penelitian adalah dari semua eksperimen yakni, pembelajaran

kooperatif tipe STAD,TGT,dan JIGSAW berdasarkan hasil perhitungan SPSS

passing atas dan bawah bolavoli menunjukkan untuk kelompok eksperimen

kelompok I STAD, dari hasil passing atas dan bawah menunjukkan sig 0,000-

0,000 < 0,05, dan kelompok III JIGSAW menunjukkan passing atas dan bawah sig

0,000-0,000 < 0,05. Dan untuk kelompok eksperimen Kelompok II TGT untuk

passing bawah P menunjukkan a 0,148 > 0,05 tidak dapat pengaruh, sedangkan

untuk passing atas kelompok TGT menunjukkan sig 0,006< 0,05, dan Kelompok

Kontrol menunjukkan P menunjukkan a 0,906-0.128>0,05 yang artinya tidak

berpengaruh dengan kelompok pembelajaran eksperimen I,II,III dalam hasil

pembelajaran passing atas dan bawah bolavoli.

Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diuraikan

pada bab-bab sebelumnya, maka kesimpulan yang diuraikan adalah 1.

Terdapat hasil perbandingn yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD

terhadap hasil belajar passing atas dan bawah bolavoli 0,000-0,000 < 0,05. 2.

Terdapat hasil perbandingan yang P menunjukkan a 0,148>0,05,dan untuk

passsing atas menunjukkan sig 0,006<0,05 3. Terdapat hasil perbandingan

signifikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW terhadap hasil

belajar passing atas dan bawah bolavoli 0,000-0,000< 0,05. 4. Sedangkan untuk

kelompok Kontrol menunjukkan perbedaan tidak berpengaruh P menunjukkan a

0,906-0,128>0,05. Dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen I,II dan III

memiliki Paired Sample test passing atas dan bawah menunjukkan kelompok

STAD,TGT,dan JIGSAW signifikan terhadap hasil belajaran passing atas dan

bawah bolavoli, sedangan untuk kelompok eksperimen II TGT untuk passing

bawah tidak berpengaruh terhadap hasil belajar passing bawah dan Kelompok

Kontrol menunjukkan tidak berpengaruh dengan hasil pembelajaran passing atas

dan bawah bolavoli. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperkembangkan model

pembelajaran kooperatif tipe STAD,TGT dan JINGSAW terhadap passing atas

dan bawah bolavoli. Tujuan siswa yang terpilih sesuai kriteria akan dilakukan

pret-tes untuk menentukan pembagian kelompok STAD,TGT dan JINGSAW atau

Kontrol. Pada penelitian ini akan digunakan tiga instrumen tes yaitu STAD,TGT

dan JINGSAW untuk mengukur tingkat perkembangan pembelajaran passing atas

dan bawah bolavoli . akan diberikan perlakuan selama 8 minggu untuk massing-

masing kelompok dan 2 kali perlakuan dalam satu minggu. Hasil uji paired

sample t-tes pada model pembelajaran STAD,TGT, JINGSAW atau Kontrol pada

ketepatan passing atas dan bawah menunjukkan pengaruh yang signifikan pada

variabal passing atas dan bawah bolavoli, namun tidak ada variabal yang

menunjukkan tidak signifikan pada ketiga variabal tersebut. Dari data yang

diperoleh, data disimpulkan bahwa ketiga kelompok eksperimen ini memiliki

meningkatkan model pembelajaran tipe STAD,TGT dan JINGSAW, walaupun

jumlah hasil rerata yang tidak sama. Variabal STAD,TGT dan JINGSAW terbuki

mampu mempengaruhi terhadap kedua pariabal terikat, sedangkan kelompok

kontrol hanya memperbandingkan dengan eksperimen I,II,III hal ini bisa

disebabkan karena keterbatasan waktu yang ada minimnya pertemuan treatmen

perminggu yang diberikan.

 


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD,TGT dan JIGSAW, Tehadap Passing Atas dan Bawah Bolavoli

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI