Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGARUH MODEL TALKING STICK DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V
Bety Lusiana, Yatmin Yatmin, Abdul Aziz Hunaifi

Last modified: 2018-09-03

Abstract


Pengaruh Model Talking Stick Didukung media Gambar Terhadap
Hasil Belajar IPS Kelas V, skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018. Penelitian ini
dilatarbelakangi hasil observasi bahwa pembelajaran IPS di sekolah dasar masih
banyak menggunakan model pembelajarann langsung, sehingga siswa merasa
bosan dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut
(1) untuk mengetahui hasil belajar IPS menggunakan model Talking Stick didukung
media gambar pada siswa kelas V (2) untuk mengetahui hasil belajar IPS
menggunakan pembelajaran langsung pada siswa kelas V (3) untuk mengetahui
adakah pengaruh model Talking Stick didukung media gambar terhadap hasil belajar
IPS siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain yang
digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Penelitian ini menggunakan dua
kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Intrumen yang digunakan berupa
perangkat pembelajaran dan tes. Berdasarkan hasil analisis data pada kelas
eksperimen perlakuan menggunakan model Talking Stick didukung media gambar,
diperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa 85, sedangkan pada kelas kontrol
dengan pembelajaran langsung diperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa 70.
Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
penggunaan model Talking Stick didukung media gambar terhadap hasil belajar IPS
siswa kelas V.

Keywords


Talking Stick, Media Gambar

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI