Font Size:
STRATEGI PEMBELAJARAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENERAPAN METODE PRACTICAL LIFE
Last modified: 2018-09-03
Abstract
Kemandirian anak usia memerlukan stimulasi yang tepat karena
merupakan kegiatan pembiasaan untuk membekali anak memiliki
keterampilan hidup. Berbagai permasalahan dihadapi pendidik
maupun orang tua ketidakmampuan anak melakukan kegiatan
berkaitan keterampilan hidup seperti memakai sepatu, mencuci
tangan, membereskan mainan , mengancingkan baju dan melepas
kaos kaki serta memakainya kembali. Penelitian ini dilakukan untuk
mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan terbukti
meningkatkan kemampuan kemandirian anak usia 5-6 tahun
setelah dilakukan tindakan dengan metode practical life. Desain
penelitian ini menggunakan PTK model Kemmis & Mc Taggart 3
siklus dengan subyek penelitian sejumlah 29 anak dan menyususn
instrumen penilaian unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukan
peningkatan dari siklus I, siklus II, siklus III yaitu 55%, 65% dan
75%. Peningkatan ini menunjukan strategi pembelajaran dengan
metode practical life terbukti efektif mengembangkan stimulasi yang
tepat pada anak khususnya kemampuan kemandirian. Berdasarkan
hasil data inilah disarankan agar pendidik terus melakukan
perbaikan kegiatan pembelajaran berbagai metode yang tepat untuk
stimulasi berbagai aspek perkembangan anak.
merupakan kegiatan pembiasaan untuk membekali anak memiliki
keterampilan hidup. Berbagai permasalahan dihadapi pendidik
maupun orang tua ketidakmampuan anak melakukan kegiatan
berkaitan keterampilan hidup seperti memakai sepatu, mencuci
tangan, membereskan mainan , mengancingkan baju dan melepas
kaos kaki serta memakainya kembali. Penelitian ini dilakukan untuk
mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan terbukti
meningkatkan kemampuan kemandirian anak usia 5-6 tahun
setelah dilakukan tindakan dengan metode practical life. Desain
penelitian ini menggunakan PTK model Kemmis & Mc Taggart 3
siklus dengan subyek penelitian sejumlah 29 anak dan menyususn
instrumen penilaian unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukan
peningkatan dari siklus I, siklus II, siklus III yaitu 55%, 65% dan
75%. Peningkatan ini menunjukan strategi pembelajaran dengan
metode practical life terbukti efektif mengembangkan stimulasi yang
tepat pada anak khususnya kemampuan kemandirian. Berdasarkan
hasil data inilah disarankan agar pendidik terus melakukan
perbaikan kegiatan pembelajaran berbagai metode yang tepat untuk
stimulasi berbagai aspek perkembangan anak.
Keywords
strategi, kemandirian, practical life, anak usia dini
Full Text:
PDF