Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
KEMAMPUAN BERBAHASA AKTIF ANAK TUNA GRAHITA DI SKH PELANGI ANAKKU TANGERANG
Dayu Retno Puspita

Last modified: 2018-09-03

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbahasa aktif anak tuna grahita
di SKH (sekolah khusus) Pelangi Anakku Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian seorang anak tuna grahita di kelas 6.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknis analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Hasil
penelitian menunjukan bahwa kemampuan berbahasa aktif TF masih mengalami kendala pada
kelancaran, lambatnya berbahasa aktif pada tiga suku kata, artikulasi kurang jelas pada kata
yang mengandung huruf k, s dan akhiran r, l, m, serta merespon informasi dengan lambat
dalam menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru sehingga guru melakukan tanya
jawab berulangkali.

Keywords


Kemampuan Berbahasa, Bahasa Aktif, Anak Tuna Grahita

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI