Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PERSEPSI GURU SD TERHADAP PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SDN TORBANG III SUMENEP
Fajar Budiyono

Last modified: 2018-09-03

Abstract


Guru mempunyai kewajiban untuk selalu melaksanakan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan atau sedang berlangsung. Salah
satu upaya dalam mewujudkan refleksi pembelajaran yang berkualitas
adalah melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK).
Pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan indikator
keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Secara garis besar
penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang
persepsi guru SD terhadap penelitian tindakan kelas (PTK) di SDN
Torbang III Sumenep. Jenis penelitian yang digunakan merupakan
penelitian kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru
kelas yang mengajar di SDN Torbang III Sumenep. Metode pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan
wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan tematik analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
persepsi guru terhadap PTK dapat dikemukakan: (1) PTK menjadi beban
kerja ganda, (2) PTK membutuhkan biaya, (3) PTK sulit dan
membingungkan, (4) PTK memaksa guru untuk rajin membaca dan
menulis. Di sisi lain, persepsi guru SD terhadap PTK dipengaruhi oleh
faktor internal dan eksternal

Keywords


Persepsi, Guru, PTK, Sekolah Dasar

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI