Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
THE EFFECT OF PROBLEM-BASED LEARNING TO THE READING ABILITY OF THE TENTH GRADE STUDENTS AT SMAN 1 NGADILUWIH
Ika Nurfitasari, Diani Nurhajati

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Siswa mempunyai masalah dalam membaca. Mereka tidak dapat
memahami dan mendapatkan ide suatu teks. Selain itu, mereka
tidak tertarik dalam membaca dan mereka pasif dalam proses
pembelajaran. Salah satu solusi adalah menggunakan Problem-
Based Learning untuk membuat mereka aktif dan tertarik membaca,
serta dapat memahami teks dengan baik. Sehingga penelitian ini
menjawab pertanyaan: apakah ada pengaruh Problem-Based
Learning terhadap kemampuan membaca pada siswa kelas sepuluh
di SMAN 1 Ngadiluwih? Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dan penelitian eksperimental. Populasi adalah 216 siswa
kelas sepuluh dan sampel adalah 29 siswa dari X IPA 2. Penelitian
ini menemukan bahwa ada peningkatan pada kemampuan
membaca siswa yang dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test.
Kesimpulannya, Problem-Based Learning memberikan pengaruh
signifikan terhadap kemampuan membaca khususnya dalam
mengidentifikasi maksud tersurat dan tersirat, menemukan sinonim,
dan memahami plot kejadian. Selain itu, ini menarik siswa untuk
membaca dan membuat mereka belajar secara aktif.

Keywords


Reading, Teaching Reading, Problem-Based Learning

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI