Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IIS 2 SMA NEGERI 4 KEDIRI MELALUI PENERAPAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS LESSON STUDY (LS) PADA MATERI EKOLOGI.
Khusnul Khotimah, M Wachid Hasyim, Eva Karulina, Nurma Helmi, Sulistiono Sulistiono, Agus Muji Santoso

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi ekologi melalui model
pembelajaran Numbered Heads Together berbasis Lesson Study. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas X IIS 2 SMA Negeri 4 Kediri tahun ajaran 2017/2018
dengan (n=31 siswa). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data penelitian
motivasi dikumpulkan menggunakan angket motivasi belajar siswa (30 butir).
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I sebesar
62,79 dan siklus II meningkat menjadi 85,95. Lesson learn pada penelitian ini
adalah dapat membuat Lesson design untuk proses pengajaran dalam kelas
supaya lebih efektif, dengan adanya perencanaan pelajaran dapat membuat
jalannya pelajaran menjadi lebih terstruktur dan terorganisasi. Membantu guru
model untuk mengetahui situasi kelas saat proses pembelajaran.

Keywords


Motivasi belajar, Numbered Heads Together, Lesson Study, Ekologi

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI