Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA SIBATA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Mamlu'atul Uswati

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi berdasarkan pengamatan di kelas
III Sekolah Dasar menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika khususnya
materi macam-macam bangun datar menurut sifatnya kurang efektif bagi siswa
karena guru tidak menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu untuk
menyampaikan materi. Hal ini membuat siswa menjadi bosan dan tidak
termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu siswa dalam
kegiatan pembelajaran hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui kevalidan media SIBATA pada pembelajaran
materi bangun datar menurut sifatnya siswa kelas III. Penelitian ini menggunakan
pendekatan Research and Development dengan menggunkan model
pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima fase, yaitu (A)nalysis, (D)esign,
(D)evelpoment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah hasil validasi menunjukkan kevalidan yang terbukti dengan persentase
rata-rata dari validasi ahli media dan validasi ahli materi 83,5% yang menyatakan
cukup valid atau dapat digunakan namun perlu revisi kecil.

Keywords


Pengembangan, Media SIBATA.

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI