Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS GNT SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS XI IPA
Maria Yasinta Mein, Dwi Candra Setiawan

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Salah satu permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran biologi
yaitu belum tersedianya handout yang dibuat oleh guru, untuk kegiatan
pembelajaran di kelas ataupun sebagai sumber belajar siswa secara
mandiri. Siswa hanya mempelajari buku paket yang disediakan oleh tim
penerbit tertentu sebagai sumber belajar. Oleh karena itu dilakukannya
penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar berupa
handout berbasis GNT yang layak dan menarik untuk digunakan oleh siswa
pada materi sistem gerak, sistem sirkulasi, dan sistem pencernaan. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, dengan
menggunakan model pengembangan 3-D yang diadapatasi dari model
pengembangan 4D. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA yang terdiri
dari 17 orang siswa SMAN I Ruteng-Anam, 22 orang siswa SMA Budi
Dharma Cancar,dan 30 orang siswa SMA Diponegoro Tumpang. Instrumen
penelitian yang digunakan beruapa lembar validasi, angket respon siswa,
dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu handout berbasis GNT yang
layak dan menarik untuk digunakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi
oleh ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi serta hasil uji coba skala kecil
kepada siswa yang merupakan sasaran utama pengguna handout berbasis
GNT. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
handout berbasis GNT sangat layak dan menarik untuk digunakan siswa.

Keywords


Handout, GNT, Sumber Belajar, Model 4-D.

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI