Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT BERBASIS MIND MAPPING MATERI IPA KELAS V SEKOLAH DASAR
Riski Pratiwi Nurma Warni, Erwin Putera Permana, Dwi Ari Budiretnani

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Berdasarkan hasil observasi kelas V pada bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam materi organ
pencernaan manusia, menunjukkan bahwa siswa pasif dalam proses pembelajaran dan tidak
konsentrasi mengikuti pembelajaran. Hal ini karena guru dalam menyampaikan materi di
dalam kelas hanya mencatat dan menulis serta menggunakan bahan ajar yang konvensional.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kevalidan handout berbasis mind mapping materi
organ pencernaan manusia kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Kediri, (2) mengetahui
kepraktisan handout berbasis mind mapping materi organ pencernaan manusia kelas V
Sekolah Dasar Kabupaten Kediri, (3) mengetahui keefektivan handout berbasis mind mapping
materi organ pencernaan manusia kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Kediri. Model
pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model desain ADDIE melalui lima fase,
yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa (1) handout berbasis mind mapping valid dengan rata-rata presentase
dari ahli media dan ahli materi yaitu 93,84%. (2) handout berbasis mind mapping praktis
dengan hasil angket kepraktisan yang diberikan guru memperoleh skor presentase 96,36%.
(3) handout berbasis mind mapping efektif yang terbukti 93% siswa tuntas memperoleh nilai
posttest ≥ 75 (KKM). Selain itu, angket respon siswa menunjukkan presentase 94%. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa handout berbasis mind mapping valid, praktis, dan efektif untuk
digunakan.

Keywords


handout berbasis mind mapping, organ pencernaan manusia

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI