Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PROBLEMATIKA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS INKLUSIF
Yulianah Prihatin, Indah Mei Diastuti

Last modified: 2018-09-30

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika dalam interaksi belajar
mengajar Bahasa Indonesia di kelas inklusif beserta solusinya. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data
menggunakan oservasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di tiga
sekolah inklusif. Adapun hasil penelitiannya yaitu: 1) problematika yang dihadapi
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah kurangnya pemahaman siswa
berkebutuhan khusus terhadap penjelasan guru, minimnya sarana dan prasarana,
minimnya tenaga guru pembimbing khusus (GPK), pemanfaatan sumber belajar yang
kurang variatif . 2) solusi untuk mengatasi problematika yang terjadi yaitu:
memindahkan siswa berkebutuhan khusus dalam kelas kecil yang lebih tenang untuk
melakukan bimbingan intensif dan dikembalikan dalam kelas reguler jika siswa ABK
sudah memahami penjelasan yang diberikan guru, perlunya perhatian dari pemerintah
untuk pemenuhan sarana prasarana setiap sekolah pelaksana pendidikan inklusif,
membuat tes yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa berkebutuhan khusus
namun dengan indikator dan tujuan yang sama seperti siswa reguler

Keywords


problematika, interaksi belajar mengajar, kelas inklusif

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI