Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERDEMOKRASI MAHASISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Yunita Dwi Pristiani

Last modified: 2019-03-29

Abstract


Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu MKDU yang wajib diberikan pada mahasiswa di semua jurusan. Melalui PKn, diharapkan mahasiswa menjadi warga negara yang baik, mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga negara, dan yang paling penting adalah memiliki kepedulian dan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Sayangnya, mayoritas mahasiswa tidak tertarik terhadap mata kuliah PKn dikarenakan muatan materi yang dianggap terlalu normatif dan juga metode pengajaran yang tidak menarik. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran obyektif peningkatan pemahaman berdemokrasi pada mahasiswa melalui strategi pembelajaran Role Playing dalam mata kuliah PKn. Obyek penelitian ini adalah mahasiswa Tingkat III Program Studi PPKN Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan jenis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa sangat antusias terhadap materi demokrasi yang diberikan melalui metode Role Playing. Diskusi hasil role playing yang dilakukan menggambarkan tingkat pemahaman mahasiswa menjadi lebih baik. Kreatifitas mahasiswa juga meningkat baik. Kesimpulan yang dihasilkan, bahwa metode role playing merupakan salah satu metode yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran PKn di Perguruan Tinggi. Dengan metode role playing antusias mahasiswa dalam belajar PKn sangat tinggi, dan tingkat pemahaman terhadap materi yang dibahas menjadi sangat baik

Keywords


Demokrasi, Role Playing, Pembelajaran PKn

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI